a girl from marsh (marsh113) wrote in bukutubukuku,
a girl from marsh
marsh113
bukutubukuku

Oppa & I

Judul Buku : Oppa & I
Penulis : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tebal : 156 halaman
Tahun terbit: 2011


Tertarik beli karena heboh banget di twitter @KoreanUpdates dan kayanya ini jadi bacaan wajib pecinta Kpop di Indonesia deh.
Walaaauuu... saya tau saya nggak ABG lagi, saya tetap penasaran soalnya kok kayanya oke banget nih. Apalagi harganya cuma Rp. 28.000. Akhirnya beli deh.

Cerita dibuka dengan kedatangan Jae In dan ibunya ke Korea Selatan untuk bersatu lagi dengan ayahnya, Jae Bin, dan saudara laki-laki kembaran Jae In, Jae Kwon. Lima tahun sebelumnya, ayah-ibu Jae In dan Jae Kwon bercerai hanya karena alasan sepele dan sang ayah membawa Jae Kwon kembali ke negara asalnya, Korea Selatan, sedangkan ibu dan Jae In ditinggal di Indonesia. Ibu Jae In memang orang Indonesia. Sejak saat itu hubungan komunikasi Jae In dengan kedua anggota keluarganya terputus. Hidupnya pun mulai sulit tatkala ibu Jae In di-PHK dan kehabisan uang. Oleh karena itu, ketika ayah Jae In tiba-tiba memutuskan untuk memboyong mereka ke Korea Selatan untuk bersama lagi, Jae In masih menyimpan dendam dan luka di hatinya. Pada ayahnya dan terutama Jae Kwon, sehingga ia menolak memanggil Jae Kwon 'oppa' (artinya kakak lelaki).

Kehidupan Jae In dipenuhi dengan kepahitan hatinya, baik di rumah maupun di sekolah. Ia menolak untuk mengaku sebagai kembaran Jae Kwon di sekolah, padahal mereka sekelas. Ia merasa kesal begitu tahu Jae Kwon sangat populer dan menjadi atlit sepak bola andalan sekolah. Ia juga kesal mengetahui kalau Jae Kwon ternyata naksir-naksiran dengan Hye Rin, si senior yang melabrak Jae In karena dikira Jae In mau merebut Jae Kwon darinya. Namun kehadiran Seung Won, si teman semeja di kelas yang juga pemain teater sekolah lambat laun memperlunak hati Jae In, walau Jae In sendiri masih menyangkalnya.

Gimana akhir kisahnya? Apakah akhirnya Jae In bisa berbaikan dengan Jae Kwon? Lalu apakah akan ada kisah asmara antara Jae In dengan Seung Won? Akhirnya, apakah kata 'oppa' akan kembali terucap dari mulut Jae In? Baca sendiri aja ya..

Baca novel ini seru banget. Nggak nyangka deh. Kirain cuma kaya baca fanfiction biasa yang bertebaran di mana-mana itu. Ternyata cerita di buku ini sangat kaya, padahal 150 halaman doang ceritanya. 6 halaman sisanya itu ekstra.
Bukan cuma berkisah soal masalah keluarga Jae In dan Jae Kwon, buku ini juga berkisah soal keseharian pergaulan anak-anak SMA di Korea dan juga perjuangan meraih mimpi. Jae Kwon dan Seung Won ternyata sama-sama punya mimpi yang ingin mereka raih dan dalam buku ini digambarkan juga perjuangan mereka untuk meraih mimpi itu. Romance-nya juga ada tapi nggak keterlaluan dan penulisan ceritanya nggak bertele-tele, ngebikin buku ini enaaak banget buat dibaca dan tanpa sadar saya udah sampai ke halaman terakhir dan cuma bisa bete karena beli buku kok cuma bisa buat dibaca nggak sampe 24 jam?? Hahaha.. Penggunaan bahasa yang formal dan istilah-istilah Korea (lengkap dengan arti Indonesianya didalam tanda kurung, bukan di footnote) juga ngebikin nuansa Korea yang jadi setting novel ini berasa banget. Sayang ada beberapa bagian dimana Jae Kwon meledek Jae In dengan lagu-lagu kpop macam Mister-nya Kara, Sorry Sorry-nya Super Junior, dan Oh!-nya SNSD yang mungkin dimengerti banget oleh KPoppers di Indonesia tapi nggak buat pembaca non KPoppers, ngebikin kenikmatan membaca novel ini bisa berkurang sedikit ya buat pembaca non KPoppers. Mungkin bisa dikasih link youtube buat nonton dan denger lagu-lagu yang dimaksud kali yaa? Bisa gak sih kaya gitu?

Satu yang paling bikin saya salut dengan buku ini adalah covernya yang cantik dan absennya typo error. Serius nih, dari awal saya nyariin typo errornya soalnya. Ternyata sampai selesai ini buku saya baca nggak ada kesalahan sama sekali. Benar-benar editornya patut diacungi 4 jempol!

Kesimpulannya:
It's a nice little book.
Untuk genre teenlit, novel ini kaya banget, lengkap banget, dan mendidik banget. Beda sama novel-novel teenlit kebanyakan yang cuma ngejual cerita cinta atau cerita mengejar kepopuleran bertabur merek-merek terkenal yang mahalnya nggak kenal prihatin deh sama kondisi bangsa.
Untuk KPoppers, akhirnya ada juga nih novel yang 'kita banget'.
Untuk non KPoppers, makanya... ikutin KPop dong. Nggak gaul deh loe! (becanda.. ampuuun)
Hehe..
Sekian deh review dari saya.
Tags: judul: o, pengarang : o, pengarang: a, teenlit
Subscribe
  • Post a new comment

    Error

    Anonymous comments are disabled in this journal

    default userpic

    Your IP address will be recorded 

  • 2 comments